bangka island

bangka island
parai

Minggu, 22 April 2012

"SALUANG RANAH MINANG"

MANUSIA DAN CINTA KASIH

Setelah saya melihat video saluang yang merupakan kesenian dan alat musik  tradisional dari sumatera barat, saya dapat mengimpletasikan hubungan kesenian tersebut dengan manusia dan cinta kasih. Karena di dalam video tersebut menceritakan tentang seorang pemuda minang yang sedang memaikan alat musik saluang di gubuk di tengah-tengah hamparan sawah yang sedang mengharapkan cinta dari seorang gadis setempat. Namun sang gadis itupun dilarang untuk mendekati pemuda pemain saluang tersebut oleh ibunya. Setelah itu gadis tersebut hanya bisa meratapi kesedihannya untuk mendapatkan cinta dari seorang pemuda minang pemain saluang tersebut dan hanya berharap suatu saat nanti mendapatkan kasih dan cinta dari pemuda tersebut.
Gadis itupun juga mengenang saat-saat dia bertemu dengan pemuda pemain saluang tersebut. Semakin hari gadis itupun terus memikirkan pemuda pemain saluang tersebut. Namun apa daya gadis tersebut harus berpikir secara dewasa untuk tidak mendapatkan cinta dan kasihnya yang tak sampai ke pemuda pemain saluang tersebut karena larangan dari ibunya. Pemuda pemain saluang tersebut akhirnya hanya mengungkapkan cinta dan kasihnya melalui dendangan saluang yang ia mainkan setiap saat dan gadis yang ia harapkan juga hanya bisa melihat dari kejauhan si pemuda tersebut mendendangkan saluangnya di hamparan sawah yang luas. Akhirnya saluang pun menjadi simbol untuk mengungkapkan rasa kegembiraan, kesedihan dan kerinduan masyarakat minang terhdap suatu hal yang dicintai dan dikasihi.
Dari aspek tersebut saya dapat menyimpulkan bahwa pengertian dari cinta itu sendiri adalah rasa suka kepada suatu hal. Sedangkan pengertian dari kata kasih adalah perasaan suka terhadap ketertarikan atau belas kasihan, sehingga kedua kata tersebut mempunyai arti yang sama dalam pengertiannya. Adapun tingkatan dari rasa cinta itu sendiri dapat dibagi menjadi tiga golongan yaitu cinta tingkat tinggi, cinta tingkat menengah dan cinta tingkat rendah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar