bangka island

bangka island
parai

Rabu, 25 April 2012

"KESENIAN ONDEL - ONDEL"


 MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP     

    seni merupakan keindahan dalam kehidupan yang digunakan bukan hanya sebagai hiburan semata, melainkan bagi sebagian seniman seni merupakan suatu jiwa dalam diri mereka.
    bagi para pelaku seni atau yang kita sebut seniman, ialah seseorang yang semasa hidupnya mengerjakan segala suatu kehidupan dengan keindahan seni yang ia peroleh baik atas keturunan dari orang tua maupun atas keahlian yang ia dapatkan secara belajar sendiri
Pada masa sekarang ini dimana banyak penerus bangsa masih mudah beradaptasi dengan kesenian atau budaya barat seperti pergi ke club malam, hang-out dengan teman – temannya, dan lain sebagainya.
      Tidak dengan hal yang dilakukan para seniman Ondel -Ondel pada saat ini. Disaat Industri Seni kita kalah bersaing, mereka dengan seluruh upaya baik melalui fikiran, tenaga sampai waktu mereka korbankan hanya untuk mengenalkan bahkan mempertahankan tradisi yang ia lakukan sekarang, bukan untuk mencari nafkah semata, melainkan pula demi meneruskan apa yang diberikan para pendahulu mereka agar kesenian Ondel-Ondel dapat menjadi bukan sekedar tontonan melainkan suatu pandangan hidup warisan budaya betawi.
     bagi para pelaku kesenian Ondel-Ondel sederhana saja, yaitu ingin membuktikan bahwa budaya yang mereka lakukan dapat diterima bagi masyarakat ditengah dashyatnya budaya asing serta bermacam – macam budaya yang terbawa oleh para baik kaum urban serta para penerus bangsa yang lebih condong meniru budaya barat ketimbang budaya negara kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar