bangka island

bangka island
parai

Minggu, 11 November 2012

TINGKAT AKSES PEMBUNGKUSAN KODE DAN DATA PADA JAVA

Didalam melakukan pembungkusan kode dan data di dalam java, terdapat tiga tingkat akses yang perlu anda ketahui, yaitu : Private, Protected, dan Public.

Tingkat Akses Private 
Dengan mendeklarasikan data dan method menggunakan tingkat akses private, maka data dan method tersebut hanya dapat diakses oleh kelas yang memiliinya saja. Ini berarti data dan method tersebut tidak boleh diakses atau digunakan oleh kelas kelas lain yang terdapat didalam program. Untuk mendeklarasikan suatau data atau method dengan tingkat akses private, gunakan kata kunci private.


Tingkat Akses Protected
Suatu data maupun method yang dideklarasikan dengan tingkat akses protected dapat diakses oleh kelas yang memilkinya dan juga ileh kelas – kelas yang masih memiliki oleh hubungan turunan. Sebagai contoh, apabila data x dalam kelas A dideklarasikan sebagai protected, maka kelas B (yang merupakan turunan dari kelas A) diizinkan untuk mengakses data x. Namun apabila terdapat kelas lain , misalnya C (yang bukan merupakan turunan dari kelas A maupun B), tetap tidak dapat mengakses data – data yang dideklarasikan dengan tingkat akses protected. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses protected, gunakan kata kunci ptotected.

public class motor
{
    protected String jenismotor;
    protected String address;
    public motor()
program turunan:
program honda.java
public class honda extends motor
{
    protected String jenishonda;
    protected String kecepatanhonda;
    public honda()
    {
dari contoh program protected yang dapat mengakses hanya klas motor dan klas turunanya,yaitu honda
 Tingkat Akses Public
Tingkat akses public merupakan kebalikan dari tingkat akses private. Data maupun method yan bersifat public dapat diakses oleh semua bagian didalam program. Dengan kata lain, data – data maupun method-method yang dideklarasikan dangan tingkat askses public akan dikenali atau dapat diakses oleh semuakelas yang ada didalam, baik yang merupakan kelas turunan maupun kelas yang tidak memiliki hubungan sama sekali. Untuk mendeklarasikan suatu data atau method dengan tingkat akses public, gunakan kata kunci public.

Berikut contoh program sederhana :

class atas{
public int a;
protected int b;
private int c;
}
class bawah{
public static void main(String[]args){
atas objek = new atas();
objek.a=2;
objek.b=3;
System.out.println(“nilai a: “+objek.a);
System.out.println(“nilai b: “+objek.b);
}
}
program diatas akan menghasilkan tampilan berikut:
nilai a: 2
nilai b: 3

program diatas terdiri dari dua kelas yaitu kelas sekunder yang berisi variabel a, b dan c dengan tingkat akses yang berbeda, dan kelas primer yang berisi objek untuk melakukan instance pada kelas turunan, objek pada kelas primer hanya dapat mengisi nilai pada variabel a dan b karena kedua variabel tersebut memiliki tingkat akses public dan protected, karena variabel c memiliki tingkat akses private maka objek pada kelas primer tidak bisa mengisi variabel tersebut.


Contoh program lainnya seperti dibawah ini :



maka program diatas akan menghasilkan tampilan berikut:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar